oleh

Aktivitas Gunung Dempo Ditingkatkan ke Level 2 (Waspada), Warga Tak Khawatir

-Nasional-88 views

Ditetapkannya level status aktivitas Gunung Dempo dari Level 1(normal) menjadi Level 2 (waspada), oleh Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Jum’at (07/01/2022) kemarin, tak membuat warga Kabupaten Pagar Alam khawatir.

banner 970x90

Saat Indoglobe News mencoba mengkonfirmasi warga yang biasa beraktivitas di sekitar Gunung Dempo, Ahmad Riva’i, dia menyampaikan bahwa tak khawatir dengan penetapan status tsb,” Gunung Dempo selama ini sudah biasa terjadi erupsi, kalau gak salah ingat, terakhir terjadi di 2009 dan di 2011″ Kata Ahmad Riva’i

Baca Juga  Warga DKI Bakal Gugat Eks Mensos Juliari, Protes Terima Bansos Covid-19 Tak Layak

Dia bercerita bahwa biasanya jika terjadi peningkatan status Gunung Dempo maka hewan-hewan dari atas Gunung Dempo ikut turun,” Pernah Harimau turun ke kampung, karena aktivitas Gunung Dempo, dia keliling kampung” Jelas Ahmad Riva’i sambil tertawa.

Dia tetap berharap tak ada peningkatan ekstrim atas status Gunung Dempo dan berdo’a semoga saja tak terjadi hal yang tak diinginkan seperti Gunung Semeru.

” Pemkab kan setahu saya sudah menutup pendakian dan membatasi akses warga sekitar, menurut saya tindakan itu sudah tepat” Pungkas Ahmad Riva’i yang ditemui wartawan Indoglobe News sedang bermain dengan anaknya, di sekitaran Gunung Dempo.

Sebagaimana diketahui dalam berita sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pagar Alam, resmi menutup sementara seluruh aktivitas masyarakat dan pendakian kepuncak Gunung Dempo sejauh radius 1 Km dari kawah dan 2 Km dari bukaan kawah ke arah Utara semenjak meningkatnya aktivitas Gunung Dempo ke-Level 2 (waspada) dan berpotensi menimbulkan abu vulkanik. (Riko)

banner 970x90

Komentar

News Feed