oleh

Palestina-Israel Bentrok Saat Peringatan Malam Lailatul Qadar di Masjid Al-Aqsa

Indoglobe News-International

Bentrokan terjadi antara demonstran Palestina dengan polisi Israel di luar Kota Tua Yerusalem tadi malam saat ribuan jemaah Masjid Al-Aqsa sedang beribadah untuk memperingati malam Lailatul Qadar.

banner 970x90

Para pemuda Palestina melempari polisi Israel dengan batu, menyalakan api dan menggulingkan barikade di jalan yang menghalangi jemaah memasuki gerbang Kota Tua. Polisi Israel membalas dengan melepaskan granat dan meriam air untuk membubarkan mereka.

Laman Al Arabiya melaporkan, Minggu (9/5), sedikitnya 53 orang luka, kata Bulan Sabit Merah Palestina. Polisi Israel mengatakan sedikitnya satu anggota mereka luka.

Baca Juga  Palestina Sebut Serangan Udara Israel di Gaza Tewaskan 20 Orang, Termasuk 9 Anak

Kekerasan kian sering terjadi belakangan ini di bulan suci Ramadan dipicu kemarahan warga Palestina yang terusir dari rumah mereka lantaran masuknya para pemukim Yahudi.

Di Jalur Gaza ratusan pemuda Palestina berkumpul di perbatasan Israel. Militer Israel menyebut massa melemparkan ban yang terbakar dan kembang api ke arah tentara mereka.

“Kami salut dengan jemaah Al-Aqsa yang menentang arogansi Zionis dan kami menyerukan rakyat Palestina mendukung semua saudara mereka,” kata Musa Abu MArzuk, pemimpin kelompok Hamas di Gaza dalam akun Twitternya.

Israel mengatakan mereka mengerahkan aparat keamanan untuk mengantisipasi bentrokan di Yerusalem, Tepi Barat, dan Gaza setelah sehari sebelumnya terjadi peristiwa serupa di Masjid Al-Aqsa.

Baca Juga  113 Orang Tewas, 580 Luka Setelah Tentara Serta Tank Israel Kepung Palestina

Seorang pejabat Palestina mengatakan Mesir kini sedang berupaya membuka dialog dengan kedua pihak bertikai untuk mencegah kekerasan lebih lanjut.

Jumat kemarin polisi Israel melepaskan tembakan peluru karet dan granat ke arah para pemuda Palestina yang membalas dengan lemparan batu di kawasan Kuil Bukit, tempat suci bagi muslim dan Yahudi.

Sedikitnya 205 warga Palestina dan 18 polisi Israel terluka dalam kejadian itu hingga menuai kecaman dari dunia internasional.

Pada malamnya bentrokan kembali terjadi di daerah Yerusalem Timur di kawasan Sheikh Jarrah setelah sejumlah keluarga Palestina diusir dari rumah mereka karena kalah dalam kasus pengadilan sehingga mereka harus menyerahkan tanah dan rumah mereka ke orang Yahudi.(dd). Editor (Idat)

banner 970x90

Komentar

News Feed