oleh

DPKUKM Kabupaten Sukabumi Membuka Pendaftaran Program Usaha Menengah Kecil Mikro 2021

Sukabumi Indoglobe News – Program Usaha Kecil Menengah Kecil Mikro (UMKM) adalah Program yang di berikan dari Bantuan Presiden(Banpres) melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Mikro.
Program UMKM ini tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Pengertian dari Program UMKM adalah sebagai Usaha yang di jalankan Individu, Rumah Tangga, atau Badan Usaha Kecil.
Seperti yang di Laksanakan oleh Masyarakat Kabupaten Sukabumi yang Berbondong bondong untuk Mendaftarkan diri untuk Menerima Manfaat dari Bantuan Program UMKM tersebut.
Dengan Membawa Persayaratan seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU) dengan Harapan dengan adanya bantuan tersebut bisa membantu Perekonomian Masyarakat Lewat Usaha Kecil yang di jalankan di Masa Pandemi Covid 19 ini.

Baca Juga  Peguyuban Askar Hadiri Pentas Seni

Dikatakan oleh Kepala Bidang DPKUKM “Bapak Drs Nandang Sunandar, M.Si”
Banpres para Pelaku Usaha ini dari Tahun 2020 sampai 2021.
Tahun 2020 ada 7 (Tujuh) Pintu sebagai Pengusul, dengan Anggaran 2,4 juta bagi Pengusul yang mendapatkan.
Yang Pertama, 0Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia Melalui Dinas dan Tupoksi nya sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 1(Satu) 2020.
Kedua, Melalui Himpunan Bank Indonesia (Himbara).
Ketiga, Asosiasi Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
KeEmpat, Koperasi
KeLima, Penanaman Nasional Madani (PNM)
KeEnam, Pegadaian
KeTujuh, PIP Bagian Keuangan
Untuk Penyalur Melalui dari Lembaga Perbankan seperti BRI dan BNI
Siapa saja yang berhak untuk Mengajukan pada tahun 2020:
Pertama, para Pelaku Usaha Ultra dan Mikro, Pelaku Usaha yang belum pernah Akses ke Lembaga Perbankan seperti Kredit Program atau pun Kredit Komersil, dan Pelaku Usaha yang tidak mempunyai Tabungan ke Bank dengan Nominal 2 juta Keatas, dikarenakan dengan adanya hubungan dengan Pihak Perbankan tersebut si Pengusul tidak akan mendapatkan.

banner 970x90

Untuk Peraturan Menteri Nomor 2 (Dua) tahun 2021 yang Pertama adalah, untuk Para Pelaku Usaha Ultra dan Mikro.
Yang Kedua, Tidak sedang Menikmati Kredit Program, seperti Pinjaman ke Bank
Yang Ketiga, hanya mendapatkan bantuan sebesar 1,2 saja, Pengusul 2021 itu hanya Satu Pintu yaitu, Pemerintah Kabupaten Kota Melalui Dinas sesuai dengan Tupoksi nya yaitu, Dinas Koperasi dan UKM.
Usulan tersebut Masuk ke Kuarter Kedua Tahun 2021 yaitu Bulan Mei, Juni, Juli, Agustus.
Untuk pengusul 2020 yang sebelum nya telah mendapatkan 2,4 juta secara Sistem tidak perlu Mengusulkan lagi karna Data Pengusul yang sebelumnya sudah Masuk di tahun 2020 akan secara langsung Masuk ke dalam data Tahun yang 2021 dengan Dana 1,2 juta dan itu Masuk ke Peraturan Menteri Nomor 2 (dua).
Bagi Pengusul tahun 2020 yang tidak mendapatkan, akan secara langsung mendapatkan di tahun 2021, karena data yang masuk akan di proses pada tahun 2021 ini jika data Pengusul masuk dalam Peraturan Menteri Nomor 1 (Satu) dan 2 (Dua).

Baca Juga  Wakil DPRD Kabupaten Sukabumi Bersama kades Cibitung Menghadiri Di Acara Pembukaan Wahana Wisata Alam

Adapun Syarat yang di usulkan oleh Koperasi untuk Pengusul yang mendapatkan itu adalah data yang telah di Veripikasi oleh Kementerian Keuangan lewat checking, Validasi, Cleansing, seperti Pembersihan Data dengan melalui Perbankan dengan di awasi oleh OJK yang bilamana jika Pengusul masih mempunyai Hubungan dengan Pihak Perbankan seperti, masih mempunyai Pinjaman ke Bank atau pun Kredit maka Pengusul tidak akan mendapatkan bantun tersebut.
Adapun Pengusul yang sudah di tetapkan untuk mendapatkan adalah pengusul yang Lolos, yang sudah di setujui oleh Deputi usaha Mikro dan langsung di salurkan ke Bank yang bekerja sama dengan Koperasi seperti, Bank BRI, dan Bank BNI.
@MILLA_

banner 970x90

Komentar

News Feed