oleh

Pemerintah Desa Gunung Endut, BUMDes Dan Karang Taruna Ciptakan Agro Wisata Gunung Wayang

Sukabumi Indoglobe news

banner 970x90

Pemerintah Desa Gunung Endut bersama BUMDes dan karang taruna, mewujudkan destinasi wisata baru, Agro Wisata Gunung Wayang 04/01/2022.

Menurut Kepala Desa Gunung Endut, Dede Mistar Setiawan yang telah menjadi kepala desa selama 2 priode, bersama bumdes dan karang taruna Desa Gunung Endut Kecamatan kalapanunggal Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, hal tersebut mereka lakukan sebagai upaya untuk melakukan peningkatan perekonomian desa.

Ketua Karang Taruna, Awang Koswara, menyampaikan bahwa sebagai salah satu mitra kerja kepala desa yang bergerak dibidang kepemudaan, karang taruna mencoba melakukan pergerakan untuk mendorong para kawula muda, agar kedepan menjadi generasi yang bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama. Kinerja karang taruna lebih banyak melakukan koordinasi dan mendorong kepala desa untuk lebih perduli pada program kepemudaan, dalam bidang seni dan olah raga, agar pemuda dapat terhindar dari pengaruh Narkoba.

Baca Juga  Isu Corona Warga Panik Seorang Ibu Paruh Baya Pingsan Tiba Tiba Di Kota Sukabumi

Sama hal nya dengan yang dilakukan oleh ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Ketua bumdes selama ini mencoba bergerak dalam upaya menata usaha desa, dengan tujuan kedepan agar warga masyarakat Desa Gunung Endut maju dan mandiri.

Berawal dari niat yang kuat, Kepala Desa, Bumdes dan Karang Taruna mencoba melakukan terobosan baru untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan menyerap lapangan kerja, dengan mewujudkan program pemerintah tentang “Desa Wisata”.

Kepala Desa Gunung Endut, atas dasar musyawarah bersama masyarakat dan perangkat desa lainnya, melakukan langkah-angkah konkrit luntuk menciptakan sebuah Taman wisata Desa yang ada diwilayah desa Gunung endut.

Terkait lahan yang digunakan untuk membangun Desa Wisata tersebut, yaitu menggunakan lahan konservasi yang dikelola oleh desa atas izin dari pihak PTPN.

Baca Juga  Bencana alam pergerakan tanah, Kapolsek Purabaya laporkan perkembangannya

Agro wisata baru ini, berada di bawah kaki Gunung Wayang. Konon bahwa gunung wayang ini sebuah gunung yang menurut sejarah memiliki keterkaitan banyak dengan sejarah tatar Sunda, terutama dalam sejarah budaya Sunda, yaitu Wayang Golek.

Agro wisata saat ini sudah berjalan, walaupun dengan fasilitas yang masih terbatas. Diharapkan kedepan, dengan adanya agro wisata ini, dapat mewujudkan lapangan kerja baru bagi anak muda dan mengurangi pengangguran, baik dengan membuka usaha kecil-kecilan membuka warung minuman misalnya, atapun kerja lainnya di area taman wisata.

Menurut kepala desa, Dede Mistar Setiawan, ketika dijumpai awak media Indoglobe News, dia berharap ada sentuhan dan bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, agar kedepan agro wisata ini bisa tumbuh dan besar dan melibatkan masyarakat banyak, dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Gunung Endut.( Pardi )

banner 970x90

Komentar

News Feed