oleh

“NGARAK” Salah Satu Destinasi Budaya Sum-Sel Yang Sampai Saat Ini Masih Dilestarikan.

-Budaya-131 views

OkuTimur SumSel Indoglobenews-Arak-Arakkan atau yang lebih dikenal dengan sebutan”NGARAK”merupakan salah satu Destinasi Budaya Sumatera Selatan yang masih di lestarikan oleh masyarakat.

banner 970x90

Tradisi”NGARAK”biasanya digunakan sebelum sepasang pengantin berada di Pelaminan, yang mana sepasang pengantin akan berjalan dari suatu tempat menuju Pelaminan,dengan diiringi seluruh keluarga yang disertai dengan bunyi bunyian dan tari tarian tradisional daerah setempat.

Adapun “NGARAK”selain sudah menjadi tradisi masyarakat Sum Sel juga bertujuan untuk lebih mengenalkan kedua pengantin kelingkungan sekitar, yang dalam pelaksanaannya selain menggunakan bunyi bunyian dan tari tarian juga disertai dengan lantunan Do’a yang dibawakan dalam bentuk tembang ataupun nyanyian.

Baca Juga  Anton Charliyan : Orang Sunda Berbicara Nasionalisme, Cinta Tanah Air, Harus Paling Depan Bela NKRI

Selain itu tradisi “NGARAK”juga bertujuan untuk memeriahkan suatu acara,sehingga penggunaannya dapat juga dilakukan dalam acara resepsi khitanan dan acara acara lain. Seperti dalam rangka menyambut kehadiran tokoh masyarakat atau sebagainya.(Letno zay)

banner 970x90

Komentar

News Feed