oleh

Wisata Pantai Duta di Kab Probolinggo Ini Jadi Percontohan New Normal

PROBOLINGGO INDOGLOBENEWS

Saat mendengar nama Probolinggo tempat wisata yang pasti terpikirkan adalah gunung Bromo, Madakaripura, ataupun hutan mangrove BJBR.Namanya pantai Duta, pantai ini terletak di Dusun Petukangan, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Yang membuat pantai ini menjadi wisata yang wajib untuk dikunjungi adalah selain adapat menikmati indahnya deburan ombak di pantai, dapat menikmati sejuknya berjalan di bawah naungan hutan cemara, serta berjalan di tengah-tengah hutan mangrove yang menyejukkan mata.

Selain itu terdapat banyak gazebo serta spot foto yang instagramable banget.
Pantai Duta, namanya akrononim dari nama desa Randutatah. Keistimewaan pantai ini adalah pemandangan matahari terbenam yang begitu indah dan desiran angin pesisir di bawah pohon pinus, merupakan kawasan paling timur di Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga .....  Pilkades Di Desa Pohgading Kecamatan Paserepan,Berjalan Kondusif.

Pantai Duta yang sebelumnya dipromosikan sebagai pusat mangrove oleh pemerintah daerah ini mendadak terkenal, Pantai Duta menjadi viral di media sosial.

Setelah destinasi wisata dibuka kembali. Hal ini disampaikan Anggota Polsek Paiton Bripka Lutfhi dan Bripka Rafli pada salah satu kegiatan Wajib bermasker dan pengecekan kesiapan pengelola wisata lokal di Pantai Duta Kecamatan Paiton, Rabu (23/09/2020).mengemukakan, jauh hari sebelumnya pihaknya bersama OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait dan Gugus Tugas Preventif Penanganan COVID-19 telah melakukan pengecekan di berbagai destinasi wisata. Pengecekan ini berfokus kepada komitmen pengelola wisata untuk tetap megedepankan penerapan disiplin protokol kesehatan.

Dengan dibukanya kembali destinasi wisata ini diharapkan roda perekonomian masyarakat di sekitar kawasan wisata akan kembali berputar setelah vakum selama pandemi COVID-19, hal ini sebagai obat kejenuhan bagi masyarakat yang selama ini terkungkung di rumah saja akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga .....  Tahun Pelajaran Baru Siswa di Probolinggo Tetap Belajar di Rumah

“Intinya seluruh destinasi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, swasta dan masyarakat akan diizinkan untuk kembali beroperasi selama menerapkan protokol kesehatan,” jelas anggota Polsek Paiton.

Dilanjutkan Sonhaji Ketua Bumdes, selanjutnya evaluasi akan dilakukan secara rutin seminggu sekali. Tujuannya, memastikan bahwa penerapan protokoler kesehatan dilakukan dengan baik dan penuh kesadaran. Namun, jika ditemukan kasus baru Covid-19 di sektor wisata, maka destinasi wisata akan kembali ditutup.

Selain itu, usaha pendukung sektor wisata seperti penginapan dan kuliner yang berada di kawasan wisata, akan ditempel stiker. Intinya, menerangkan bahwa usaha yang dikelola harus memberlakukan protokoler kesehatan dalam pelaksanaan new normal.

“Pembukaan kami lakukan secara bertahap, saat ini masih lima destinasi wisata. Ke depan kalau simulasi telah berjalan sesuai harapan, destinasi wisata lain juga akan kami ajukan untuk dibuka kembali,” terang Sonhaji.@.kiki.

Komentar

News Feed