oleh

Status Terbaru Gunung Merapi, Hari Ini Terjadi 14 kali Gempa Guguran

Klaten – IndoGlobeNews.co.id
Status Gunung Merapi di Pos Pantau Merapi Induk Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah masih dalam Level 3. Asap kawah tidak teramati sejak Pukul 12.00 – 18.00 pada hari ini (3/11).

Hal itu di publikasikan dilaman magma.esdm.go.id dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Sudah terjadi 14 kali gempa Guguran dengan amplitudo 3-32 mm dan lama gempa 11-63 detik. Kemudian 5 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 2-5 mm, dan lama gempa 13-19 detik.

banner 970x90

Status level 3 tersebut tidak berubah dari kondisi hari sebelumnya. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) di Yogyakarta menyebut selain gempa guguran, pada periode pengamatan Gunung Merapi itu juga tercatat 307 kali gempa hybrid atau fase banyak, 50 kali gempa hembusan, satu kali gempa tektonik, dan 31 kali gempa vulkanik dangkal.

Baca Juga  Larangan Mudik Tahun Ini, Serdik Sespimmen Polri Dikreg ke- 61 Ajak Masyarakat Ikuti Anjuran Pemerintan

“Kondisi saat ini masih level 3. Dihimbau untuk penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam kawasan rawan bencana (KRB) III direkomendasikan untuk dihentikan,” ungkap Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan resminya di Yogyakarta (2/11) lalu.

Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah juga diminta mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

Untuk informasi terbaru lain perihal kabar terkini aktivitas Gunung Merapi masyarakat bisa memantau di laman magma.esdm.go.id.

Editor : Moh Wahyu Hamijaya

banner 970x90

Komentar

News Feed