oleh

Sistem Aplikasi IMM (Intelligence Media Management) Sangat Membantu POLRI dalam Monitoring Media Online maupun Cetak

Jakarta, Indoglobenews.co.id – Media massa menjadi hal yang menyedot perhatian masyarakat dewasa ini, baik media cetak, media elektronik maupun media online. Sumber berita yang akurat, tajam dan terpercaya masih menjadi tagline media yang masih tepat untuk saat ini.

Polri merupakan sumber berita yang unik dan menarik. Beragam informasi kepolisian dapat menjadi berita menarik dan bernilai. Isu-isu nasional banyak bersumber dari kepolisian, seperti penangkapan terorisme, penangkapan gembong Narkoba serta keberhasilan Polri lainnya. Namun, disisi lain juga masih terdapat berita-berita yang menyudutkan Polri seperti isu kenaikan biaya admanajemen informasinistrasi PNBP yagn diplintir seolah yang naik adalah pajaknya. Menyikapi hal ini, Divhumas Polri wajib meluruskan dengan mensosialisasikan informasi tersebut setiap hari melalui media sosial dan media mainstream.

banner 970x90

Tujuan Intelligence Media Management POLRI

Baca Juga  Demokrat Melunak, Terbuka Jika Moeldoko Gabung dan Siap Bantu Maju Pilgub DKI

 Era globalisasi yang diiringi dengan era digital, menjadi tantangan Polri untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman. Masyarakat dihadapkan pada pasar global melalui MEA (Masyarakat Ekonomanajemen informasi Asean) yang semuanya sebagian besar bisnisnya diselesaikan melalui internet. Dalam konteks demanajemen informasikian, internet menjadi kebutuhan utama masyarakat. Seluruh informasi dibutuhkan tersedia di internet, termasuk informasi kepolisian. Dengan beragam portal media online, masyarakat mudah mengaksesnya serta memberikan tanggapan. Setiap portal memanajemen informasiliki type berita sesuai dengan pangsa pasarnya, satu berita kepolisian dapat dibuat beragam berita. Bahkan saat ini masih berlaku istilah “The bad news is good news”.

Menyikapi kondisi ini, keberadaan IMM menjadi penting bagi Polri. Tujuan IMM sebagai wadah pengumpulan berita, opini dan sentimen masyarakat di media sosial dan media online. Melalui IMM dapat memudakan Polri dalam menganalisis isu dan melakukan mapping berita, guna menentukan langkah strategi pimpinan dalam menentukan kebijakan lebih lanjut.

Baca Juga  Kapolri: Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

Manfaat Intelligence Media Management bagi POLRI

Disemanajemen informasinasi informasi kepolisian dilakukan oleh media mainstream dan media sosial. Portal dan blog yang mengandung materi berita kepolisian banyak mendapat perhatian masyarakat. Berita tentang penerimaan anggota Polri, berita tentang korupsi, dan lainnya. Dengan adanya IMM, sangat membantu Polri untuk mengetahui apa yang menjadi perbincangan utama masyarakat atau trending topic. Patroli berita di media sosial dan media online menjadi rutinitas harian untuk membuat laporan informasi kepada pimpinan. Adapun beberapa manfaat dari IMM, sebagai berikut :

1) Mengetahui secara cepat isu terkini atau trending topic setiap harinya;

2) Mengetahui opini publik;

3) Digunakan sebagai wadah bagi kliping koran secara online yang memuat kinerja Polri;

Baca Juga  Gisel Akhirnya Buka Suara,Dan Meminta Maaf Kepada Seluruh Masyarakat Indonesia

4) Dapat memetakan isu lokal, nasional dan internasional.

banner 970x90

Komentar

News Feed