oleh

Ramadhan Mensucikan Oleh : Idat Mustari Pemerhati Sosial dan Agama

-Agama-12 views
banner 970x90

Mendengar kata Taqwa–Orang betaqwa, maka jangan pernah kemudian membayangkan orang yang bertaqwa itu adalah sosok manusia suci yang tak pernah berbuat dosa dan kesalahan. Sebab Tak akan pernah ada manusia suci, bersih dari noda dan dosa. Setiap manusia pasti pernah mengidap penyakit hati sekecil apa pun, seperti nifaq, riya, dengki, sum’ah, dan sebagainya.

Sekali lagi sosok orang yang bertaqwa adalah manusia biasa yang tak sempurna. Yang pernah berbuat dosa, salah,khilaf dan lupa. Yang mungkin badannya telah kotor berlumpur kemaksiatan. tetapi kemudian ia segera berlari menuju ampunan Allah.
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada syurga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa”.(QS. Ali Imran : 133).

banner 970x90

Madrasah Ramadhan diikuti oleh para  peserta yang setiap peserta memiliki catatan dosa. Ada yang banyak dosa dan kesalahannya, ada yang sedikit dosanya. Ada yang besar kemaksiatannya, ada yang kecil kemaksiatannya.

Baca Juga  Keridhaan-Mu Oleh : Idat Mustari Pemerhati Sosial dan Agama

Di Madrasah Ramadhan Allah bukan saja memberi pelajaran, elmu, dan latihan ruhani lainnya, tetapi Janji-Nya bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan Ampunan atau bulan magfirah.

Di bulan ini para pendosa disucikan dari semua dosa, asal peserta berpuasa dengan iman dan ihtisaban (hanya karena Allah), seperti disampaikan oleh Rasulullah saw :
“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”  (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).

“Wahai Tuhan kami. Kami Para pendosa telah berdiri di pintu Engkau. berlindung pada Kehormatan Engkau.  Perahu para pendosa telah berlabuh  di pantai kemuliaan Engkau. Kami berharap Rahmat dan Ampunan-Mu. Sungguh tak ada yang paling indah dalam kehidupan  bagi kami melainkan kami menghadap Engkau, tanpa tersisa sedikitpun dosa.’

Komentar

News Feed