oleh

Probolinggo Gempur Rokok Ilegal Terus Menerus Menekan Peredaran Rokok Ilegal

PROBOLINGGO INDOGLOBENEWS

KPPBC TMP C Probolinggo dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terus berupaya menekan peredaran rokok ilegal.

banner 970x90

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, Taufik Alami mengatakan pihaknya tetap konsisten dalam memerangi produk-produk ilegal, termasuk rokok tanpa cukai. Sebab, industri rokok mampu memberikan sumbangsih pendapatan cukai bagi Kabupaten Probolinggo.

Upaya-upaya yang dilakukan adalah pembinaan dan sosialisasi kepada perusahaan rokok atau IKM rokok yang ada. Mereka diberi wawasan memproduksi rokok yang baik. Juga dibantu dalam pengurusan izinnya.

Bagaimanapun rokok ilegal ini merugikan negara dan konsumen. Karena tidak melalui proses produksi yang baik dan benar. Inilah yang kita cegah. Sebenarnya itu untuk kepentingan negara dan masyarakat,” kata Taufik Alami di sela-sela pemusnahan

Baca Juga  Polres Probolinggo Press Release Pemusnahan Barang Bukti Akhir  2021

Selain merugikan negara dan masyarakat peredaran rokok ilegal juga melanggar hukum, khususnya Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai. Undang-Undang ini, mengatur sanksi hukum bagi yang melanggarnya. Agar warga Kabupaten Probolinggo terhindar dari masalah hukum, pemerintah daerah melakukan sosialisasi.

Sosialisasi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang cukai hingga di daerah pelosok. Dalam sosialisasi ini, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo, menggandeng Dinas Kesehatan, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Disperindag, serta KPPBC TMP C Probolinggo.

“Di kami, selain pengumpulan informasi, kami juga telah melakukan operasi. Di beberapa wilayah, banyak pengusaha kecil yang tidak faham dan ini yang dipergunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk mengedarkan rokok-rokok ilegal. Kami bersama bea cukai sering melakukan operasi,” kata Hariyanto, selaku Kabid KUKM (Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat) Satpol PP.@.him.

banner 970x90

Komentar

News Feed