oleh

PPKM di DKI Naik Level 2, PTM 100 Persen Tetap Berjalan

-Nasional-34 views

Jakarta-Indoglobe News

banner 970x90

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) tetap berjalan, meski saat ini wilayah Ibu Kota kembali menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.
Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 1 Tahun 2022 tentang PPKM Jawa-Bali, Jakarta kembali masuk dalam kategori level 2.

“Tetap berjalan, sementara belum ada kebijakan untuk disetop,” kata Kasubag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radjagah kepada wartawan, Selasa (4/1).

Taga memastikan pihaknya tetap memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan PTM di seluruh wilayah Jakarta. Sampai hari ini, Dinas Pendidikan belum menerima laporan ada siswa yang terpapar virus corona (Covid-19) usai PTM 100 persen di Ibu Kota.

Baca Juga  Dewan Pers Akui Organisasi Wartawan Penyusun Peraturan Pers

Ia menambahkan, jika merujuk SKB 4 menteri ihwal PTM, pemerintah pusat memang mewajibkan seluruh sekolah melaksanakan PTM 100 persen. Namun, DKI memberikan diskresi kepada orangtua yang belum memberikan izin anaknya mengikuti PTM di sekolah.

“Artinya kita mencoba untuk mengakomodir masyarakat yang masih ingin/khawatir kesehatan anaknya terganggu. Masih juga mungkin juga karena orang tua itu (takut) anaknya punya penyakit bawaan,” ujar Taga.

Ia menambahkan, Disdik setiap hari terus memonitor dan mengumpulkan data di lapangan terkait pelaksanaan PTM. Menurut dia, pihak sekolah juga wajib melaporkan soal kondisi anak didiknya.

“Setiap sekolah yang melaksanakan PTM ini melaporkan setiap hari kondisi yang sakit atau tidak, yang hadir, atau tidak ke sistem. Jadi bisa mendeteksi sedini mungkin. Jadi belum ada kebijakan mengkaji adanya PPKM level 2 ini,” jelasnya.

Baca Juga  Ditlantas Polda Banten Gelar Bakti Sosial sambut Hari Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65

“Artinya gini, kondisinya sudah terjadi dan ini baru hari inikan [informasi PPKM Level 2] yang namanya pertimbangan pasti ada, pertimbangan pasti penting, cuma tidak serta merta setop PTM langsung berhentinya,” kata dia menambahkan.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan 10.429 sekolah di Ibu Kota menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen mulai Senin (3/1).(dd)

banner 970x90

Komentar

News Feed