oleh

Pembuat Surat Palsu Antigen di Cianjur Ditangkap, Pelaku Suami

banner 970x90

Cianjur-Indoglobe News

Polres Cianjur telah mengamankan pelaku pemalsuan surat keterangan bebas corona antigen. Sebelumnya, surat tersebut beredar luas di media sosial. Pelaku, JA (32) dan AR (30), merupakan pasangan suami istri.

banner 970x90

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai mengatakan pelaku berhasil ditangkap setelah menjaring sopir travel gelap berinisial MR. Setelah dikembangkan, MR mendapatkan surat rapid test antigen tersebut dari JA.

“Surat tersebut dari tersangka JA yang tinggal di wilayah Kota Cianjur. Petugas langsung melakukan penangkapan dan penggeledahan di rumah tersangka, di mana ditemukan ratusan lembar surat keterangan palsu,” kata Rifai dikutip dari Antara, Selasa (4/5).

Baca Juga  Pelatihan 100 Pengemudi Angkot Penerima Intensif Program Polri Keselamatan 2020

Ternyata, JA memalsukan surat keterangan palsu itu setelah mendapatkan contoh asli dari istrinya, AR, yang bekerja sebagai tenaga honorer di Dinkes Cianjur.

“Pelaku sudah membuat surat keterangan palsu sejak Februari dengan jumlah lebih dari 100 lembar yang sebagian besar pesanan sopir travel gelap untuk melancarkan perjalanan saat ada pemeriksaan petugas,” tambahnya.

Pelaku mengaku mendapatkan pesanan surat palsu dari sopir travel gelap. Setiap lembarnya, surat tersebut dijual dengan Rp 50 ribu.

Akibat perbuatan itu, pasangan suami istri ditetapkan sebagai tersangka dijerat dengan pasal Pasal 263 KUHP dan Pasal 268 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. Sementara itu, MR masih berstatus sebagai saksi.(dd). Editor (Idat).

Komentar

News Feed