oleh

Ketua Umum B2P3 (Badan Buruh Pekerja Pemuda Pancasila), Meresmikan Sekretariat B2P3 Jawa Barat, Sebagai Sarana Penyalur Informasi Bagi Tenaga Kerja Yang Mencari Pekerjaan di Dalam Dan di Luar Negeri.

Indoglobe News, Jawa Barat

banner 970x90

Untuk mensikapi semakin bertambahnya jumlah pengangguran di Jawa Barat, Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, mengambil bagian dalam mengentaskan masalah penggangguran tsb dengan membentuk kepengurusan “Badan Buruh Pekerja Pemuda Pancasila” (B2P3) di setiap provinsi dan Kabupaten Kota di Indonesia, berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani oleh Ketua Umum, Japto Soerjosoemarno dan diserahkan kepada Bung Jamaludin sebagai Ketua Umum B2P3 untuk ditindaklanjuti.

Merespon amanat yang diberikan tsb. Ketua Umum B2P3 bergerak cepat membentuk kepengurusan di daerah. Seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan di Jawa Barat pada Hari Minggu, (9/1/2022), Ketua Umum B2P3 resmikan sekretariat B2P3 Jawa Barat yang dipimpin oleh Bung Stenly Ngelo.

Walaupun terkesan sederhana, peresmian kantor sekretariat tersebut berlangsung khidmat dengan tetap mengikuti standard prokes. Peresmian kantor dihadiri oleh jajaran pengurus B2P3 Jawa Barat, yang diawali dengan do’a dan gunting pita serta pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum B2P3 Bung Jamaludin dan diberikan kepada Ketua B2P3 Jawa Barat Bung Stenly Ngelo, serta dilanjutkan santap siang bersama jajaran pengurus B2P3 lainnya.

Baca Juga  Anton Charliyan: "Pembubaran Ormas Menurut Perpu No 2 Tahun 2017 Lebih Ringkas,Tidak Perlu Melalui Mekanisme Pengadilan"

Dalam kesempatan tsb, awak Indoglobe News berkesempatan mewawancarai Ketua Umum B2P3 terkait program kerja yang menjadi tujuan lahirnya B2P3. Dalam keterangannya, Ketua B2P3 menjelaskan bahwa sesuai dengan amanat Mubes 2019 di Jakarta, untuk membentuk Badan Buruh di seluruh Indonesia yang bertujuan menaungi kaum buruh yang bekerja di sektor formal dan informal, termasuk juga buruh tani dan nelayan, serta buruh yang bekerja di luar negeri, dengan maksud memperjuangkan hak-hak para kaum buruh tersebut yang tergabung di dalam B2P3. Serta mendukung program kerja pemerintah dalam hal pengentasan pengangguran melalui sosialisasi informasi pemahaman tentang hak dan kewajiban buruh, pendidikan peningkatan SDM, memberikan pendampingan bagi kaum buruh dan memberikan jaminan perlindungan yang memadai bekerjasama dengan instansi terkait, untuk itulah kehadiran Ormas Pemuda Pancasila melalui B2P3 menunjukkab peran serta dan karyanya di masa pandemi Covid-19, guna pemulihan ekonomi secara nasional yang bermanfaat sebagai salah satu pendapatan negara. Melihat dari banyaknya tingkat pengangguran, maka Ormas PP melalui B2P3 harus mengambil bagian serta terlibat aktif melalui lembaga-lembaga pelatihan tenaga kerja atau lembaga keterampilan lainnya yang bernaung dibawah Ormas PP, dalam upaya mempersiapkan tenaga kerja yang cerdas dan terampil, didukung oleh keahliannya masing-masing untuk bekerja pada perusahaan-perusahaan yang ada di dalam dan diluar negeri nantinya.

Baca Juga  Kasdam III/Siliwangi Sambut Kedatangan Wakil Presiden Di Kota Sukabumi

“Kehadiran B2P3 di Jawa Barat ini, adalah sebagai pusat informasi dan juga memberikan pendampingan bagi pencari kerja agar tidak merasa tertipu oleh para oknum/lembaga penyalur tenaga kerja yang ada. B2P3 juga melakukan perjanjian kerjasama dengan berbagai perusahaan dalam dan luar negeri dalam mempersiapkan dan menyalurkan tenaga kerja melalui tahapan pelatihan-pelatihan yang sudah direncanakan, serta memberikan pengetahuan hukum dari para praktisi hukum agar para buruh dan pekerja dapat melakukan pembelaan diri secara hukum yang berlaku sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan, ketika menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan statusnya sebagai buruh/pekerja ditempatnya bekerja” Jelas Ketua Umum B2P3.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, para buruh/pekerja juga akan dilatih melalui lembaga-lembaga ketrampilan yang ada di wilayahnya masing-masing dan bekerjasama dengan B2P3, untuk menjadi wirausaha handal melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi yang bertujuan agar para buruh bisa memahami bagaimana mengelola pendapatannya, ketika buruh/pekerja sudah tidak bekerja lagi.

Baca Juga  KADISDUK CAPIL KABUPATEN BANDUNG BARAT MEMBERIKAN PELAYANAN ISTIWEWA KEPADA MASYARAKAT

Sebagai tambahan, Ketua Umum B2P3 juga menyampaikan bahwa untuk bergabung dengan B2P3, tidak dibatasi atau tidak ada persyaratan khusus,” Seluruh masyarakat dapat bergabung dengan B2P3 dari berbagai unsur dan kalangan, untuk dapat bekerjasama dalam peningkatan perekonomian masyarakat khususnya, serta berupaya mengurangi pengangguran dan mencegah timbulnya kejahatan” Tutup Jamaludin. (IGN Jabar)

banner 970x90

Komentar

News Feed