oleh

Kenali 4 Proses Hukum Untuk Pelaku Persekusi

-Nasional-143 views

Indoglobe News

banner 970x90

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM), mengutuk keras tindakan persekusi dan intimidasi yang dilakukan sekelompok orang atau ormas. Tindakan itu jelas-jelas melanggar kemerdekaan warga negara.

Di kutip dari media merdeka.com Ketua Komnas HAM Nur Kholis menegaskan, persekusi tidak hanya melanggar kemerdekaan berpendapat, tapi juga merenggut hak warga atas keamanan diri.
“Komnas HAM mengutuk keras pelaku persekusi, secara langsung pelaku telah merenggut hak-hak setiap warga negara” Kata Nur Kholis di kantor Komnas HAM, Jl Latuharhari, Jakarta Pusat, Selasa (6/6).

Komnas HAM meminta semua warga negara yang menjadi korban persekusi tidak takut melaporkan intimidasi yang dialami. Termasuk berani melaporkan jika menemukan ada pohak-pihak yang menebar ujaran kebencian di media sosial.

Baca Juga  Yana, Pria yang Dikabarkan Hilang di Cadas Pangeran Ditetapkan Tersangka

“Ini negara hukum, jadi jalankan dengan hukum, kalau ada yang melakukan ujaran kebencian atau sebagainya, laporkan ke pihak berwenang, tidak bisa main hakim sendiri” Kata dia.

Dilansir dari media sosial Divisi Humas Polri beberapa catatan hukum mengenai pelaku Persekusi;

  1. ketika memasuki rumah atau kantor tanpa seijin oleh pemilik rumah atau kantor yang kemudian tidak diharapkan kehadirannya, pelaku bisa dikenakan Pasal 167 ayat 1 KUHP yg diancam 9 bulan penjara.
  2. Pelaku persekusi yang melakukan tindakan pememaksaan dapat dijerat Pasal 335 KUHP yang ancaman hukumannya 1 tahun penjara.
  3. Jika pelaku persekusi membawa satu orang (korban) ke suatu tempat terpisah, yang dalam hal yang bersangkutan tidak dapat melakukan apa-apa dapat dikategorikan sebagai penculikan.
  4. Jika pelaku persekusi melakukan perbuatan maka
    akan dijerat dengan Pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara. Jika itu dilakukan bersama-sama maka jeratan pasal yang dikenakan yakni Pasal 170 KHUP tentang pengeroyokan dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun.(Ajis/ant)
banner 970x90

Komentar

News Feed