oleh

Islam dan kekuasaan Oleh : idat Mustari Sekretaris Dewan Pembina DPP LSM GMBI

-Tokoh-105 views

Kekuasaan salah satu aksesoris dunia yang menggoda bagi sebagian orang. Seringkali ia menggoda pada mereka yang dianggap paham dgn ilmu agama. Tragisnya Kekuasaan  bukan dijadikan alat untuk menegakan agama,melainkan agama dijadikan alat untuk mengejar kekuasaan.

Ajaran Islam seharusnya dijdikan Sandaran bagaimana kekuasaan melahirkan keadilan, melawan kezaliman, mengangkat kaum lemah yang terpinggirkan– tersingkirkan. Sedih  ketika ada upaya mengerosi pemahaman agama secara kafah dengan menempatkan agama hanya sebagai gerakan simbolisme dan formalisme.

banner 970x90

Pemihakan dalam keber-Islam-an sejatinya menumbuhkan sikap berani menentang dan melawan semua ketidak Adilan. Entah hal itu berbentuk ketidak Adilan interprestasi agama,persoalan politik ataupun penindasan sesama manusia.

Baca Juga  Anggota DPRD Kabupaten Melawi Dilantik, Ini Harapan Aktivis Anti Korupsi.

Al-islamu ya’lu wala yu’la ‘alaih Islam senantiasa unggul, dan ia tidak akan terungguli. Itu merupakan sabda Rasul yang seharusnya senantiasa  bergelora dalam jiwa setiap muslim terutama yg saat ini memiliki kekuasaan.  Islam harus jdi pewarna masyarakat demokratis yang adil dan sejahtera. Miris menyedihkan ketika mereka (beragama Islam) yg memiliki kekuasaan sebaliknya jadi alat oleh pihak lain untuk menghancurkan umat Islam sendiri.

Umat Islam sebagai mayoritas penduduk negeri merah putih ini,harus dididik, diajar jadi seorang Islam yg kritis, kreatif, independen,berdaya melawan segala sewenang-wenangan. Perlawanan kepada ketidakadilan harus terus dilakukan, termasuk mengingatkan pada mereka  yg berkuasa,  “ Al-islamu mahjubun bil muslimin” yang artinya, kehebatan dan keindahan Islam justru tertutup oleh prilaku umat Islam sendiri.

banner 970x90

Komentar

News Feed