oleh

Iput Varera Mensosialisasikan Tentang Pelaksanaan PTSL Tahun 2021

Sagaranten indoglobe News-Iput Varera mensosialisasikan tentang pelaksanaan PTSL tahun 2021
Kegiatan ini di hadiri oleh Camat Sagaranten Drs. H. Deni Ramedhan M.M, perwakilan dari Pertanahan Kabupaten Sukabumi Iput Varera, Kepala Desa Se-kecamatan Sagaranten dan dari perangkat desa masing-masing, serta hadir pula perwakilan dari perbankan yaitu Bank Jabar, Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Penyampaian teknis pelaksanaan program PTSL ini di harapkan dapat menjangkau kelancaran dalam proses pelaksanaan nya di masing-masing Desa. Mulai dari administrasi pemberkasan hingga pelaksanaan pengukuran di lapangan, bertempat di aula kecamatan Sagaranten kabupaten Sukabumi,Kamis,(04/03/21).

Baca Juga  Penyerahan Pataka PSN di Serahkan Wakil Bupati ke Ketua Umum Iwan Sugiyanto

Terkait pembiayaan program PTSL ini dikenakan biaya administratif sebesar Rp. 150.000 rupiah dengan catatan bilamana pemberkasan sudah lengkap maka tidak dipungut biaya apapun. Seperti yang di ungkapkan oleh perwakilan Pertanahan Kabupaten Sukabumi saat sesi acara sosialisasi.

” Biaya di kenakan sepantasnya disesuaikan dengan pemberkasan dimana yang sudah lengkap berkasnya untuk di ajukan di Program PTSL pembiayaan gratis namun ada pembiayaan sebesar Rp. 150.000 rupiah bagi yang belum lengkap berkasnya serta pembiayaan di sesuaikan” ungkap Iput

Dalam acara diperkenankan peserta yang hadir untuk bertanya dan diantaranya banyak pertanyaan tentang permasalahan yang terjadi di masyarakat mulai banyaknya masyarakat yang tanah nya sudah berpindah tangan namun secara adminstrasi tidak ada bukti jual beli.

Baca Juga  Peringati HUT Kemerdekaan RI - 74 Lapang Gembira Nagrak Dipenuhi Masyarakat

Di kesempatan yang sama ada salah satu Kepala Desa, Gagan menanyakan rincian pembiayaan yang berjumlah Rp. 150.000 untuk biaya terkait apa saja, namun tidak di jelaskan pembiayaan tersebut peruntukannya secara rinci oleh pihak perwakilan BPN.

” Saya mau bertanya tentang rincian pembiayaan Rp. 150.000 bagi yang belum lengkap pemberkasannya untuk apa saja? ” tanya Gagan

Sempat terjadi ketegangan antara perwakilan pertanahan kabupaten Sukabumi Iput Varera dan salah satu peserta sosialisasi. Hal ini di picu karena kesalah pahaman salah satu peserta sosialisasi dan narasumber dari perwakilan Pertanahan Kabupaten Sukabumi yang di anggap kata-kata narasumber kurang pantas dilontarkan kepada peserta sosialisasi. Sempat beberapa saat acara terhenti dan peserta sosialisasi yang lain berupaya menenangkan suasana hingga keadaan kembali cair yang pada akhirnya acara kembali berjalan dengan baik hingga selesai.

Baca Juga  Pelaku Penganiyayaan Terhadap Anak Sampai meninggal Dunia Diancaman Kurungan Lima Belas Tahun

Perwakilan Pertanahan Kabupaten Sukabumi menyikapi bagi permohonan yang belum terselesaikan segera datang ke kantor Pertanahan untuk menanyakan progres pengerjaannya secara langsung.

Keluhan lain pun dinyatakan oleh salah satu peserta sosialisasi Ali Budiar terkait penyampaian berkas kekantor BPN hanya di titipkan di Satuan Pengamanan (Satpam) kantor BPN.

” Saya sudah masuk ke kantor BPN untuk memasukan berkas namun petugas dari dalam menyuruh untuk di titipkan di satpam” kata Ali Budiar.

Ali Budiar meminta agar di respon terkait permasalahan yang terjadi dan di berikan solusinya.

Deni kuncir.

Komentar

News Feed