oleh

Cek Pompa Air Hingga “Sandal Gubernur Mangap”, Ternyata 1 Mesin BBWS Tidak Aktif di Pompa Waru

■ Jurnalis | Koresponden : Wahyu Hamijaya

INDOGLOBENEWS, SEMARANG Hujan deras yang mengguyur kota semarang pada malam tahun baru 2022, membuat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memilih jalan-jalan ke rumah-rumah pompa. Salah satunya terlihat saat momen tersebut diuplod channel youtubenya, Ganjar Pranowo tetap berjalan meski sandal yang di pakainya “Mangap” untuk sekedar mengecek pompa di Rumah Pompa Waru.

banner 970x90

Rumah Pompa Waru terletak di sekitar pasar waru, jalan Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang memiliki 6 (enam) mesin pompa. Saat Ganjar melewati genangan banjir di pemukiman warga, lagsung mendapat keterangan warga sekitar.

“Haloo pak ganjar, pak jadi gini aliran air darisana itu mengalir ke gorong-gorong, memang itu besar. Tapi keluarnya kan kecil pak,” timpal salah satu pria warga sekitar tambak dalam, sawah besar dalam video tersebut.

Baca Juga  Antisipasi Tindak Kriminal, Polres Blora Gencar Patroli Pusat Perbelanjaan Jelang Lebaran

Lantas Ganjar pun belum paham dan di antarkan warga tersebut kelokasi aliran gorong-gorong. Dengan menanyakan aliran keluar yang dimaksud warga, hingga aktifitas mesin pompa waru. Di saat itu juga momen Gubernur Ganjar Pranowo heran tidak sadar sandalnya lepas alias Mangap.

“Lho,, lha kok sandalku copot ki pie (loh kok sandal saya lepas ini gimana). Ndii.. iki kali to (mana.. ini sungai ya). Iki sampun lumayan surut opo ketmau semene terus (ini segini terus atau sudah lumayan surut),” ujar Ganjar kepada warga.

Pompa DPU Kota Semarang sebelum hujan di Rumah Pompa Waru.

Kemudian warga pun berujar bahwa rumah pompa waru aktif semua. Namun di timpal oleh Gubernur sudah beraktifitas atau tidak rumah pompa itu. Namun warga pun belum bisa menjawab. Akhirnya Ganjar Pranowo memutuskan melihat rumah pompa waru.

Baca Juga  Soal Pemberangkatan Haji 2021, Menag Tunggu Keputusan Arab Saudi

Saat tiba di lokasi, Ganjar Pranowo menanyakan jumlah pompa dan yang aktif. Saat melihat sendiri aktifitas pompa ternyata ada 1 yang trouble atau mati. Dan mengecek di semua mesin pompa yang aktif, kemudian lanjut melihat air yang di pompa keluar.

“Iya jadi saya memastikan saja pompa ini berjalan. Dan alhamdulilah ini memang berjalan. Hanya memang ada 1 mesin pompa yang trouble. Dan kita pastikan nanti akan me manage atur temperaturnya. Yang penting kalau ini jalan pasti akan membantu. Dan tadi saya di lapori, kita cek. Dan kita tanya tadi sekitar jam 8 malam sudah mulai surut,” jelas Ganjar Pranowo kepada awak media di lokasi, Jumat malam (31/12/2021)

Baca Juga  Curah Hujan Tinggi, Batiwanwil Nogosari Cek Kondisi Pleret.

Sementara terpisah, pasca viral video Gubernur Ganjar Pranowo. Kepala UPTD Rumah Pompa Waru Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kota Semarang, Nanang mengatakan bahwa pihaknya mendampingi Gubernur Ganjar Pranowo mengecek lokasi pompa. Namun di jelaskan pompa yang tidak aktif atau trouble bukan wewenang DPU.

“Iya, jadi semalam kami sama pak Gub juga mengecek lokasi pompa. Di rumah pompa waru memang ada 6 pompa. Jadi 4 pompa operatornya dari DPU dan 2 pompa operator dari BBWS Jawa Tengah. Dan yang trouble itu salah satu pompa di BBWS,” ujar Nanang kepada IndoGlobeNews, Sabtu Pagi (1/1/2022)

Dijelaskan Nanang, bahwa 4 (empat) pompa operator DPU sudah beroperasi dan aktif semua. Serta tidak ada kendala dalam pengoperasian waktu malam tahun baru tersebut. “Jadi untuk yang 2 pompa bisa langsung ke BBWS saja, karena bukan wewenang kami di DPU,” imbuh Nanang.****

banner 970x90

Komentar

News Feed