Cara Daftar UMKM BRI Online Lewat HP 2022

Indoglobenews.co.id – Dua Tahun lalu tepatnya pada awal tahun 2020 negara kita Indonesia terdampak Pandemic Covid-19 yang mana mengakibatkan ekonomi dalam negeri mulai lesu, dan ini berimbas kepada pelaku usaha UMKM, dengan demikian pemerintah memberikan solusi untuk cara daftar UMKM BRI online lewat hp 2022 dan pc agar bisa membantu pelaku usaha mengembangkan usahanya di tengah pandemi.

Setidaknya kurang lebih ada sekitar 12,5% UMKM Micro dan menengah yang mampu bertahan di tengah keadaan pandemi saat itu, dan walaupun memang angka tersebut masih cukup besar namun tidak seperti yang pemerintah harapkan, karena pemerintah mengharapkan angka umkm yang bertahan bisa sampai 50%.

Dengan adanya angka tersebut membuktikan kalau pelakuk UMKM yang ada di Indonesia sangat membutuhkan bantuan dan motivasi agar usaha yang di gelutinya berkembang di tengah pandemi. Dan salah satu cara pemerintah agar bisa membuat pengusa UMKM terus bertahan dan melanjutkan perjuangannya ialah dengan memberikan bantuan tunai dengan melalui program UMKM BRI yang sudah ada saat ini.

Apa Yang Dimaksud UMKM?

Cara Daftar UMKM BRI Online

Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar UMKM BRI online maka kalian harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan UMKM tersebut, sebab jika kalian belum tahu tentang arti singkatan tersebut tentu kalian akan merasa bingung, karena itu untuk memudahkan kalian maka akan kami bahas secara detail tentang informasi ini.

UMKM adalah singkatan dari Usaha Micro Kecil Menengah yang mana ini adalah badan usaha yang di miliki oleh personal dan juga kelompok kecil yang hanya mampu menghasilkan penghasilan sebanyak dua setengah miliar rupiah pendapatan pertahun.

Usaha micro kecil biasanya di lakukan oleh ibu rumah tangga secara individu seperti membuka toko, warung ataupun berjualan lainnya yang termasuk dalam usaha sekala kecil. Jadi UMKM ini juga di kategorikan berdasarkan usaha yang mereka lakukan dan penghasilan yang mereka dapatkan.

Jenis Usaha UMKM

Cara Daftar UMKM BRI Online

Jadi sekarang kalian sudah mengetahui apa itu arti UMKM dari ulasan yang sudah kami berikan di atas tadi, dan setelah tahu artinya maka kini kalian juga bisa tahu jenis-jenis UMKM yang ada di Indonesia berdasarkan kategori dan kelompoknya, dengan mengetahuinya maka kalian akan paham bagai cara daftar UMKM BRI online, dan ini jenis-jenis usaha UMKM.

1. UMKM Mikro

Untuk jenis UMKM pertama ialah UMKM Mikro yang mana biasanya Usaha Mikro ini di kelola oleh individual atau perorangan dengan penghasilkan yang di hasilkanya hanya 50 juta perbulan (Rp.50.000.000/bulan), dan penghasilan dan aset tersebut terhitung bersih sesuai peraturan undang-undang yang berlaku saat ini.

Baca Juga  Cara Membuat Avatar di FB (Facebook) Yang Keren Dengan Mudah

Dan selain jumlah penghasilan dan aset yang dimiliki UMKM Mikro tersebut, ciri lain dari usaha jenis mikro ini ialah tidak pernah memiliki catatan administrasi keuangan karena biasanya hanya secara sitematis saja. Dan biasanya ini cukup sulit untuk mendapatkan bantuan modal dari perbankan lalu barang yang mereka jual biasanya berubah-ubah.

Lalu seperti namanya “UMKM Mikro” yang sudah di pastikan badan usaha ini sangat kecil, dan contoh usahanya sendiri ialah seperti warung kelontong, pedang warung nasi, peternak, tukang cukur dan lainnya.

2. UMKM Kecil

Selanjutnya kami akan menjelaskan Jenis UMKM Kecil, sebenarnya Jenis UMKM ini mirip dengan UMKM Mikro. UMKM kecil ini adalah badan usaha yang dikelola oleh perorangan atau individual dengan total aset dan penghasilan yang masih tergolong kecil yaitu dibawah tiga ratus juta pertahunnya (<Rp.300.000.000/tahun).

Namun yang membedakan UMKM kecil dengan mikro adalah, UMKM Kecil ini memiliki progres bisnis yang lebih baik di bandingkan dengan usaha mikro, dan memiliki banyak peluang untuk berkembang dengan usaha tersebut.

Ini dia ciri-ciri jenis UMKM Kecil yang sudah kami siapkan dibawah ini:

  • Tidak memiliki sistem pembukuan
  • Kemungkinan memperbesar usaha cukup sulit
  • Usaha yang di geluti non impor dan ejspor
  • Modal usaha yang dimiliki cukup terbatas

Nah dari beberapa contoh jenis UMKM kecil di atas tadi maka usaha seperti Koperasi, Toko pakaian, Restoran lokal, laundry, Konter dan sebagainya adalah termasuk dalam jenis usaha kecil.

3. UMKM Menengah

Untuk jenis UMKM terakhir yang harus kalian ketahui ialah UMKM Menengah yang mana badan usaha yang di kategorikan sebagai Usaha Menengah ini ialah usaha yang memiliki total asset dan berpenghasilan bersih bisa mencapai lima ratus juta pertahun (Rp.500.000.000/tahun)

Biasana usaha menengah ini juga di dirikan oleh perorangan dan juga badan usaha yang tidak termasuk dalam anak dari cabang peruhasaan besar, jadi bisa dikatakan usaha tersebut adalah milik individual.

Meskipun memang ini adalah UMKM Menengah akan tetapi jika usaha tersebut memiliki pekerja, maka para pekerjannya dalam usaha tersebut berhak mendapatkan jaminan pekerja juga kesehatan. Dan untuk contoh UMKM Menengah menengah tersebut seperti perdagangan Impor dan export, Usaha perkebunan, Expedisi Kapal Laut dan lainnya.

Apa Jenis Bantuan UMKM Yang akan Didapatkan Dari Pemerintah?

Cara Daftar UMKM BRI Online

Dan seperti yang telah kami bahas di atas tadi bahwa untuk menanggulangi dampak Covid-19 pada pelaku usaha maka pemerintah akan berusaha sekuat tenaga memberikan dukungan dan bantuan untuk kita, dan bantuan yang mereka berikan di sebut BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro).

Seperti dengan namanya BPUM, Bantuan tersebut akan di peruntukan bagi pengusaha mikro saja, dan untuk menyalurkan bantuan tersebut pemerintah bekerja sama dengan Bank BRI yang merukapan salah satu perusahan BUMN yang tercatat memiliki laba tertinggi di seluruh perusahaan BUMN pada tahun 2021, jadi kalian tidak perlu meragukan kredibilitas dari perusahaan bank ini.

Baca Juga  Cara Bayar IndiHome Lewat m-Banking (BRI, BNI, BCA dan Mandiri)

Syarat Mendapatkan Bantuan BPUM BRI Tahun 2022

Nah sebelum kalian mengetahui bagaimana cara daftar umkm bank bri online maka ada baiknya kalian tahu terlebih dahulu syarat apa saja yang nantinya perlu kalian patuhi sebelum mendaftarkan diri, dan jika kalian yang sudah sangat penasaran maka berikun syarat untuk mendapatkan bantuan program BPUM BRI 2022 tersebut.

  • Pelaku Usaha tersebut belum pernah mendapatkan bandutan BPUM sebelumnya
  • Pelaku usaha yang sudah mendapatkan bantuan BPUM maka untuk periode selanjutnya akan dilanjutkan di tahun selanjutnya
  • Tidak memiliki sangkutan (hutang) KUR Bank apapun
  • Pelaku Usaha Wajib WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Mempunyai E-KTP
  • Melampirkan KTP dan SKU
  • Pelaku Usaha bukan anggota Polri, TNI, ASN Pegawai BUMD dan BUMN
  • Memiliki surat usulan penerima BPUM

Cara Daftar UMKM BRI Online dan Offline

Cara Daftar UMKM BRI Online

Setekah kalian mengetahui secara rinci tentang Jenis UMKM dan syarat untuk mendapatkan bantuan BPUM ini maka sekarang kalian bisa melakukan pendaftarkan diri untuk menjadi calon penerima bantuan jika kalian rasa persayaran yang di ajukan sudah sesuai.

Dan jika sekarang kalian yang sudah tidak sabar ingin mendapatkan tutorial bagaimana cara melakukan pendaftarannya maka ada baiknya kalian simak ulasan yang kami buat ini sebab dengan begitu kalian akan mengetahui cara-caranya.

Cara Daftar UMKM BRI Online Lewat HP 2022

Sebenarnya untuk melakukan pendaftaran bantuan BPUM BRI ini sangat mudah untuk kalian lakukan, dan hanya bermodalkan kuota internet dan smartphone sudah bisa melakukannya, dan ini tutorialnya.

  • Pertama silahkan buka browser di hp kalian dan akses halaman situs https://oss.go.id/
  • Pada langkah utama silahkan kalian lakukan pendaftaran akun dengan cara klik DAFTAR
  • Masukan data-data yang di perlukan, setelah berhasil membuat akun maka silahkan klik Login dan masuk menggunakan akun yang kalian buat tadi
  • Selanjutnya kalian klik Perizinan Usaha dan klik Opsi Perseorangan
  • Tahap berikutnya kalian klik Pendaftaran NIB Perseorangan Mikro (untuk UMKM mikro), NIB Perseorangan Kecil (untuk UMKM Kecil)
  • Dan selanjutnya kalian lengkapi formulir dengan data yang di butuhkan
  • Bila semuanya sudah terisi maka kalian klik SIMPAN dan klik LANJUTKAN
  • Berikutnya kalian klik opsi TAMBAH USAHA
  • Dan kalian harus mengisi formulir lagi dengan data yang di perlukan
  • Bila kalian ingin mengajukan Izin Lokasi dan juga Lingkungan maka isi Formulir yang terdapat di bagian Komitmen Prasarana Usaha
  • Bila data-data yang di perlukan sudah di isi maka sekarang kalian cek kembali dan pastikan data yang kalian masukan benar
  • Jika sudah yakin maka kini klik kolom Diclaimer dan klik Proses NIB
  • Kini kalian bisa cetak surat Izin Usaha yang tertera melalui QR
Baca Juga  Download Video Youtube di Hp Android Tanpa Aplikasi

Kini kalian sudah berhasil mendaftarkan pengajuan dengan sangat mudah, dan setelah itu kalian juga bisa melakukan pengajuan ijin Operasional dan Komersial untuk bisa mendapatkan bantuan BPUM BRI ini. Untuk cara-caranya bisa langsung kalian simak berikut ini.

  • Pertama kalian buka menu dan klik Permohonan lalu klik di bagian IUMK
  • Selanjutnya kalian klik Izin Operasional dan Komersial
  • Lalu pilih Nomor NIB dan masukan NIB Kalian
  • Setelah beberapa saat muncul opsi Daftar Kegiatan Usaha
  • Dan kini kalian pilih Kegiatan Usaha yang sesuai dengan usaha kalian
  • Kini masukan data yang di butuhkan dalam formulir
  • Jika sudah kalian klik Simpan
  • Bila izin Operasional dan Komersial berhasil di terbitkan maka kalian bisa melihatnya

Cara Daftar UMKM BRI Offline

Selain cara diatas tadi kalian juga bisa melakukan cara daftar umkm bri offline yang mana kami yakin tidak semua pelaku usaha bisa melakukan pendaftaran secara offline seperti cara diatas tadi.

Yang mana melakukan pendaftaran offline akan jauh lebih mudah dan simpel, yang mana kalian hanya perlu mendatangi dan mendaftarkan diri kepada pihak pengusul, dan yang termasuk pihak pengusul disini antara lain:

  • Dinak Koperasi usaha kecil dan mikro yang ada di tingkat kabupaten dan daerah kalian
  • Pihak Koperasi yang sudah memiliki badan Hukum
  • Kementrian dan lembaga
  • Perusahan Perbankan terutama yang merupakan anak perusahaan BUMN
  • Lembaga resmi yang mempunyai hak untuk melakukan penyaluran Kredit UMKM

Silahkan kalian datangi kategori pihak Pengusul yang sudah kami bahas diatas tadi maka dengan begitu kalian akan bisa mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan BPUM BRI 2022.

Dan syarat yang harus kalian penuhi saat melakukan pendafaran bantuan bri offline ialah seperti berikut.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor Telepon yang masih aktif
  • Memiliki Jenis Usaha mikro dan kecil
  • Catumkan Alamat Lengkap sesuai KTP

Syarat Mencairkan Dana Bantuan Dari Program BPUM BRI

Cara Daftar UMKM BRI Online

Saat kalian sudah berhasil melakukan pendaftaran baik melalui offline maka kini kalian sudah menjadi calon penerima bantuan BPUM BRI, namun untuk mencairkan dana bantuan tersebuta ada beberapa syarat yang perlu kalian ketahui seperti berikut:

  • Punya Rekening Bang BRI
  • Membawa Identitas seperti KTP
  • Wajib membuat Surat Pernyataan
  • Lalu menandatangani SPTJM

Dan syarat-syarat tersebut wajib kalian bawa saat ingin mencairkan dana bantuan secara langsung, jika tidak maka pastinya bantuan tidak akan cair.

Penutup

Demikianlah informasi tentang cara daftar umkm bri online lewat hp ataupun secara offline, dan semoga ulasan yang kami berikan ini bisa menjadi referensi bermanfaat untuk kalian, dan untuk kamu yang belum mendapatkan bantuan maka segera daftarkan diri kalian untuk mendapatkannya, sekian ulasan ini dan Terimakasih.