oleh

Indikasi Korupsi di Lingkungan Setda Jabar Diduga Penyalahgunaan Kewenangan Jabatan


BANDUNG INDOGLOBENEWS

Tidak dijawabnya pertanyaan-pertanyaan konfirmasi tertulis media cetak/online IGN yang ditujukan kepada Sekretaris Daerah Jabar menyoal dugaan korupsi di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Barat terkait pekerjaan Jasa Konsultansi, dan Pekerjaan Taman Depan dan Taman Belakang Gedung Sate, menegaskan adanya informasi yang ditutup untuk publikasi kepada masyarakat luas.

banner 970x90


Jawaban tertulis dari Sekretaris Daerah Asisten Administrasi Jabar u.b. Kepala Biro Umum H Sumasna beberapa waktu lalu, hanya mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan tahun anggaran 2019 tersebut sudah diaudit oleh Tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Baca Juga  Menaker Ida Tinjau Vaksinasi Kedua Bagi Pekerja Ritel di Bandung


Jawaban tersebut menegaskan bahwa dugaan telah terjadinya indikasi korupsi dikegiatan tersebut, adalah benar. Terlebih dengan tidak dijawabnya pertanyaan￾pertanyaan dari dua konfirmasi tertulis untuk publikasi yang dilayangkan secara kelembagaan. Dari informasi/data yang dimiliki IGN, ada kelebihan bayar pada kegiatan tersebut bilamana diakumulasikan nilainya sangat fantastis, ratusan juta rupiah.

Permasalahan itu diduga karena penyalahgunaan kewenangan jabatan Pejabat Pelaksana Kegiatan/Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, dan tidak menutup kemungkinan terjadi konspirasi dengan pengusaha yang mengerjakan pekerjaan tersebut.


Padahal rambu-rambu ketentuan perundangan sudah jelas dan tegas dalam pelaksanaan pekerjaan di pemerintahan, yakni Perpres No.16 Tahun 2018 tentang pengadaan Barang dan Jasa; Undang Undang No.17 tentang Keuangan Negara; Undang Undang No.28 tahun 1999 tentang Penyelenggaran Negara yang Bersih dan Bebas KKN; Undang Undang No.31 Tahun 1999 tentang Tindak Pemberantasan Korupsi
sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang No.20 Tahun 2001; serta isi dalam surat perjanjian kontrak pekerjaan.

Baca Juga  ALOKASI KEGIATAN FORUM OPD RP700 JUTA, KADISDIK JABAR MASIH BUNGKAM


Namun ketertutupan Sekda Jabar H Susmana yang dikonfirmasi IGN melalui konfirmasi tertulis (17/12) lalu, bentuk pertanggungjawaban publik melalui publikasi media tidak diperoleh. Sementara Undang Undang Republik Indonesia No.14 tahun 2008 tetang Keterbukaan Informasi Publik, sudah gamblang memaparkan. (Zulkifli/IGN Jab)

banner 970x90

Komentar

News Feed