oleh

2 Warga Karawang yang Positif Corona Inggris Naik Qatar Airways

Karawang-Indoglobe News

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merespons keberadaan dua warga Karawang yang terinfeksi virus corona Inggris B.1.1.7.

Ridwan Kamil belum mendetailkan identitas kedua warga Karawang itu.

Namun, dia menjelaskan dua orang tersebut habis bepergian dari luar negeri menggunakan maskapai Qatar Airways.

“Virus varian namanya UK.1.1.7 itu terdeteksi ada di Karawang. Dari warga Karawang yang bepergian dengan pesawat Qatar Airways.

Sesuai prosedur mendarat diisolasi 10 hari sudah dilaksanakan namun ternyata prosedur 10 harinya sudah tapi virusnya tidak mau hilang,” kata Ridwan Kamil di Kodam Siliwangi, Rabu (3/2).

Baca Juga  Pangdam III/Siliwangi Lantik Dan Sumpah Prajurit Siswa Dikmata TNI AD Gelombang I Ta. 2019

“Tim sedang melacak, mengisolasi tambahan, tracing testing lagi kepada kontak erat,” lanjut Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berharap, virus corona Inggris yang menjangkiti dua warga Karawang itu bisa diantisipasi oleh jajaran Forkopimda di Karawang.

“Saya titip kepada Bupati Karawang, kepada Dandim, kepada Kapolres seluruh jajaran jangan sampai kecolongan, membesar kita akhirnya tidak bisa mengendalikan, mumpung baru kecil dan mungkin juga bisa ada hal-hal lain untuk segera kita deteksi,” ujar Ridwan Kamil.

Masuknya varian baru corona B.1.1.7 di Indonesia diumumkan oleh Wamenkes Dante Saksono, Selasa (2/3) kemarin. Dante mengatakan pihaknya dua kasus positif varian baru virus corona berasal dari TKI yang baru pulang dari Arab Saudi.

Baca Juga  PAMSIMAS BANTU MASYARAKAT DESA KUTAMANAH KECAMATAN SUKASARI KABUPATEN PURWAKARTA SEDIAKAN AIR BERSIH DAN SANITASI

“Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus,” kata Dante dalam jumpa pers virtual.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan temuan dua kasus dengan varian corona asal Inggris di Indonesia berasal dari dua pekerja migran Indonesia (PMI).

Dua PMI atau TKI yang bekerja di Arab Saudi ini terpapar varian B.1.1.7, namun belum diketahui kapan mereka mulai terinfeksi.

Budi tidak merinci lebih lanjut bagaimana sampai akhirnya kedua orang ini diteliti whole genome sequencingnya. Namun, mereka saat ini menjalani perawatan di Karawang, Jawa Barat.
“Dirawat di Karawang,” ucap dia.(dd)

Komentar

News Feed